Go to...

Bunda Teresa dari Kalkuta

Ibu Teresa terlahir dengan nama Agnes Gonxha Bojaxhiudari sepasang orang tua beretnis Albania. Dia lahir di Shkup 27 Agustus 1910. Daerah kelahirannya kini menjadi wilayah Negara Republik Yugoslavia. Saat berusia tujuh tahun ayahnya terbunuh, ia kemudian mesuk ke kesusteran di biawa Lorento di Irlandia. Tahun 1929 Kesusteran Lorento mengirimkannya ke Bengali India untuk melakukan masa percobaan.

Ibu Teresa di latih di Dublin Irlandia dan Darjeeling India sebelum melakukan tugas religiusnya tahun 1937. Nama Teresa dipilihnya berasal dari Saint Teresa yang berarti orang suci pelindung misionaris asing.  Pada tahun 1950-an, Teresa bertugas sebagai Kepala Sekolah disebuah sekolah KAtholik di Kalkuta India. Sekolah ini dikelola oleh Sisters of Loreto di bawah kendali biara di IRlandia. Mayoritas pelajar di sekolah ini adalah anak-anak Bengali beragama Hindu putrid dari keluarga elite di Kalkuta. Para pengajar sekolahnya sebagian besar biarawati kelahiran Irlandia. Ibu Teresa kemudian keluar dari Sisters of Loreto untuk masuk dan berbaur dengan masyarakat di perkampungan. Pada awalnya banyak orang curiga ia membawa misi mengubah agama yang dianut masyarakat  ketika ia keluar masuk kampung menolong dan menjenguk orang sakit.

Tahun 1952, ia membuka Nirmal Hriday Home for Dying Destitutes di Kalkuta. Nirmal Hriday secara harfiah diartikan “hati yang murni”. Ia juga mendirikan rumah sakit lepra di luar kota Kalkuta.  Saat itu penderita lepra menjadi pemandangan umum di India dan di setiap bagian kota Kalkuta. Ibu Teresa berhasil mengubah pandangan masyarakat yang menganggap penderita lepra sangat menakutkan. Kecurigaan terhadap Ibu Teresa lama kelamaan mulai lenyap dan ia dianggap sebagai orang yang ikhlas melakukan misi kemanusiaan. Usaha Ibu Teresa kemudian mulai mendapat perhatian dan dukungan tidak hanya dari dalam negeri India, namun juga dari dunia internasional. Dia juga berusaha memperluas usahanya di Negara lain. Sejak tahun 1970-an, Ibu Teresa menjadi bagian tak terpisahkan dan bahkan menjadi kebanggaan masyarakat kalkuta. Atas jasa-jasanya bagi masyarakat India, ia memperoleh penghargaan Padmashri pada tahun 1963. Kiprahnyapun di akui dunia dengan memperoleh penghargaan nobel perdamaian tahun 1979.

Karena kesehatannya yang makin menurun, tahun 1990, ia banyak mengurangi aktivitasnya. Tahun 1997 Missionaris of Charity memilih sister Nirmala untuk menggantikan Ibu Teresa. Tahun itu ijuga ibu Teresa wafat. Ibu Teresa di anggap sebagai potret lain terntang persaudaraan manusia. Pada era “pembersihan etnis” politik identitas, dan perpecahan bangsa-bangsa, ia bisa menemukan rumah, kwarganegaraan, dan penerimaan masyarakat India yang mayoritas tidak beragama Kristen.

Bunda Teresa yang telah banyak menolong manusia tanpa pamrih. Dia menghabiskan waktunya untuk melayani orang miskin dan mendirikan “Misionaris Cinta Kasih”  atau dalam bahasa inggris “Missionaries of Charity”. Selain dikenal karena sifatnya yang selalu menolong beliau juga dikenal karena dia berbakat untuk mengungkapkan atau menyatakan sesuatu dengan cara sederhana dan mendalam. Ingin tau apa aja ungkapan dari beliau? mari kita simak kata-kata bijak beliau :

“Berikan yang terbaik dari apa yang engkau miliki dan itu mungkin tidak akan pernah cukup. Tetapi tetaplah berikan yang terbaik. Jangan pedulikan apa yang orang lain pikirkan atas perbuatan baik yang engkau lakukan. Percayalah bahwa mata TUHAN tertuju pada orang-orang yang jujur dan DIA melihat ketulusan hatimu.”

“Perdamaian dimulai dengan senyuman.”


“Sebarkan cinta ke mana pun Anda pergi. Jangan ada yang pernah datang kepada Anda tanpa meninggalkan bahagia.”


“Penyakit terbesar hari ini tidak kusta atau tuberkulosis, melainkan perasaan tidak diinginkan.”

“Perusak terbesar dari damai adalah aborsi karena jika seorang ibu bisa membunuh anaknya sendiri, apa yang tersisa bagi saya untuk membunuh Anda dan Anda membunuh saya? Ada antara apa-apa.”

“Kebaikan yang engkau lakukan hari ini, mungkin saja besok sudah dilupakan orang; Bagaimanapun, berbuat baiklah.”


“Jika Anda ingin pesan cinta untuk didengar, itu telah mendapat untuk dikirim keluar. Untuk menjaga terbakar lampu, kita harus tetap menempatkan minyak di dalamnya.”


“Kasih yang mendalam tidak mengukur, itu hanya memberi.”


“Sukacita adalah jaring cinta dengan mana Anda bisa menangkap jiwa.”


“Marilah kita selalu bertemu satu sama lain dengan tersenyum, karena senyuman adalah awal dari cinta.” 


“Mari kita lebih dan lebih menekankan pada peningkatan dana kasih, kebaikan, pemahaman, perdamaian. Uang akan datang jika kita mencari pertama Kerajaan Allah – sisanya akan diberikan.” 


“Marilah kita tidak puas hanya dengan memberikan uang. Uang tidak cukup, uang bisa didapat, tetapi mereka harus hati Anda untuk mengasihi mereka. Jadi, menyebarkan cinta kasih Anda mana pun Anda pergi.”


“Mari kita menyentuh sekarat, miskin, kesepian dan tidak diinginkan sesuai dengan rahmat yang kita terima dan membiarkan kita tidak perlu malu atau lambat untuk melakukan pekerjaan yang sederhana.”

“Kesepian dan perasaan tidak diinginkan adalah kemiskinan yang paling mengerikan.”

“Cinta dimulai di rumah, dan tidak seberapa banyak yang kita lakukan … tapi berapa banyak cinta yang kita dimasukkan ke dalam tindakan itu.”


“Cinta dimulai dengan merawat orang-orang terdekat – yang di rumah.”


“Cinta adalah buah di musim setiap saat, dan dalam jangkauan setiap tangan.”


“Banyak orang kesalahan pekerjaan kami untuk panggilan kita. Panggilan kita adalah kasih Yesus.”

“Salah satu penyakit terbesar yang harus ada untuk siapa pun.”


“Hidup kita adalah sebagai kemiskinan diperlukan karena pekerjaan itu sendiri. Hanya di surga kita akan melihat berapa banyak kita berhutang kepada orang miskin untuk membantu kita untuk mengasihi Tuhan dengan lebih baik karena mereka.”

“Bagaimanapun, berikan yang terbaik dari dirimu. Engkau lihat, akhirnya ini adalah urusan antara engkau dan Tuhanmu; Bagaimanapun ini bukan urusan antara engkau dan mereka.”

“Satu hal yang saya minta dari Anda: jangan pernah takut untuk memberi, tetapi jangan memberi dari kelebihan Anda. Berikan dimana hal itu sukar bagi Anda.” 

 

“Dalam kehidupan ini kita tidak dapat selalu melakukan hal yang besar….. Tetapi kita dapat melakukan banyak hal kecil dengan cinta yang besar “

“Berdoalah dengan keindahan doa anak kecil, dengan hasrat yang paling dalam untuk mengasihi dengan sungguh-sungguh dan untuk menyatakan kasih kepada orang yang tidak dikasih” 

“Orang sering keterlaluan,  tidak logis, dan hanya mementingkan diri; bagaimanapun, maafkanlan mereka.”

“Bila engkau sukses, engkau akan mendapat beberapa teman palsu dan beberapa sahabat sejati; bagaimanapun, jadilah sukses.”


“Bila engkau jujur dan terbuka, mungkin saja orang lain akan menipumu; bagaimanapun jujur dan terbukalah.”

“Tuhan tidak menuntut kita agar sukses, Ia hanya meminta kita untuk mencoba.”

“Hiduplah sederhana sehingga orang lain bisa hidup.”

“Doa itu bukan meminta. Doa adalah menempatkan diri ke dalam tangan Tuhan, ke dalam posisi-Nya, dan mendengarkan suara-Nya di kedalaman hati kita.”

“Saya bisa melakukan hal-hal yang anda tidak bisa, anda bisa melakukan hal-hal yang saya tidak bisa; bersama-sama kita dapat melakukan hal-hal yang besar.”

“Lapar cinta jauh lebih sulit disingkirkan daripada lapar makanan.” Beberapa orang memasuki hidup anda sebagai berkat. Beberapa memasuki hidup anda sebagai pelajaran. “Tuhan tidak memanggil saya untuk SUKSES. Ia memanggil saya agar PERCAYA.”

“Janganlah mengharapkan TEMANMU sebagai orang yang sempurna.” Tetapi, “bantulah TEMANMU agar menjadi seorang yang sempurna.“ Itulah persahabatan yang sejati

 “Jika anda tidak dapat memberi makan kepada seratus orang, nah berilah makan hanya kepada satu orang.”

“Jangan tunggu pemimpin; lakukanlah sendiri, orang ke orang.”

“Apa yang engkau bangun selama bertahun-tahun mungkin saja dihancurkan orang lain hanya dalam semalam; bagaimanapun bangunlah.”

“Sejak semula tidak pernah sekali pun saya meminta imbalan. Saya rindu melayani kaum miskin hanya dengan kasih kepada Allah. Saya ingin kaum miskin menerima dengan cuma-cuma apa yang kaum berpunya dapat dengan uang mereka”

“Apabila engkau berbuat baik, orang lain mungkin akan berprasangka bahwa ada maksud tersembunyi di balik perbuatan baik yang engkau lakukan itu. Tetapi tetaplah berbuat baik.”

“Apabila engkau sukses, engkau mungkin akan mempunyai musuh dan teman-temanmu iri hati atau cemburu. Tetapi teruskanlah kesuksesanmu itu.”

“Apabila engkau jujur dan terbuka, orang lain mungkin akan menipumu. Tetapi tetaplah bersikap jujur dan terbuka setiap saat.”

 “Apabila engkau menemukan kedamaian dan kebahagiaan di dalam hati, orang lain mungkin akan iri hati kepadamu. Tetapi tetaplah berbahagia.”

“Kasih yang tulus tidak pernah menilai hasilnya, melainkan hanya memberi.” 

“Kita mengabarkan kepada orang-orang tentang betapa baiknya, betapa maha pengampun, betapa penuh pengertiannya Allah, tetapi apakah kita sudah menjadi bukti yang nyata? Dapatkah mereka sungguh-sungguh melihat kebaikan, pengampunan, pengertian tersebut ada dalam hidup/diri kita?”

“Terkadang kita berpikir perbuatan baik kita bagai setitik air di samudra. tapi ketahuilah, sang samudra akan merasa tidak lengkap tanpa setitik perbuatan baikmu itu”

 “Damai dan cinta dimulai dari senyummu”

 “Jika kamu tidak mampu memberi makan 100 mulut, mulailah dari 1 mulut dulu”

 “Sentuhlah yg sekarat, menderita, kelaparan dan yg tidak diinginkan dengan caramu masing-masing”

“Marilah kita awali pertemuan dengan tersenyum, karena senyum adalah awal dari cinta” 


“ Kita tidak pernah tahu kebaikan apa saja yg dibawa oleh sebuah senyum yg sederhana”


“ Temukan Tuhan dalam diam karena IA adalah teman dari kesunyian. Lihatlah bagaimana bunga dan pohon tumbuh dalam diam, matahari dan bulan bergerak dalam kesunyian… kita harus belajar diam dan tenang untuk dapat menemukanNya di kedalaman hati kita”


 “Tadinya saya pikir kemiskinan itu adalah yg lapar, telanjang dan menggelandang. ternyata kemiskinan  sebenarnya adalah yg tidak diinginkan, yg tidak dicintai dan yg tidak diperhatikan.

 “Jika dalam hati kita tidak ada maaf dan kedamaian itu karena kita lupa jika kita saling memiliki”

 “Cinta adalah buah yg bersemi setiap musim dan terjangkau setiap tangan”

“Menjadi tidak diinginkan, tidak dicintai, tidak diperhatikan, dilupakan oleh semua orang, saya berpikir bahwa adalah jauh lebih besar kelaparan, kemiskinan jauh lebih besar daripada orang yang tidak memiliki apapun untuk dimakan.” 

Setiap salah satu dari mereka adalah Yesus yang menyamar.” 

“Bahkan kaya haus cinta, karena dirawat, karena ingin, karena seseorang untuk memanggil mereka sendiri.”


“Saya telah menemukan paradoks, bahwa jika kamu mencintai sampai terasa menyakitkan, tidak ada lebih terluka, cinta hanya lebih.” 


‘Saya mencoba memberikan kepada orang-orang miskin untuk mencintai apa yang orang kaya bisa mendapatkan uang. Tidak, saya tidak akan menyentuh kusta selama seribu pound, namun saya rela menyembuhkannya demi cinta Tuhan. 


“Saya ingin Anda khawatir tentang tetangga sebelah Anda. Apakah Anda tahu tetangga sebelah Anda?”

“Jika kita memiliki kedamaian, itu karena kita lupa bahwa kita saling memiliki.”


“Jika Anda tidak bisa memberi makan seratus orang, kemudian makan hanya satu. 


“Kita perlu menemukan Tuhan, dan ia tidak dapat ditemukan dalam kebisingan dan kegelisahan. Allah adalah teman keheningan. Lihat bagaimana alam – pepohonan, bunga, rumput tumbuh dalam keheningan; melihat bintang-bintang, bulan dan matahari, bagaimana mereka bergerak dalam diam …Kita membutuhkan ketenangan untuk dapat menyentuh jiwa.”


“Kami sendiri merasa bahwa apa yang kita lakukan adalah hanya setetes di lautan. Tapi laut akan kurang karena yang drop hilang.”


“Kita tidak akan pernah tahu semua yang baik yang senyum sederhana dapat melakukan.”


“Kadang-kadang kita berpikir bahwa kemiskinan hanya sedang lapar, telanjang dan tunawisma.Kemiskinan yang tidak diinginkan, tidak dicintai dan tidak dipedulikan adalah kemiskinan terbesar.Kita harus mulai di rumah kita sendiri untuk memperbaiki kemiskinan jenis ini.”


“Kata-kata yang tidak memberikan terang Kristus meningkatkan kegelapan.”

 

“Hidup kita hanya sekali bukan berkali-kali, kenapa tidak kita  berbuat baik, jujur dan terbuka , sehingga kita bisa mendapatkan ketenangan dan kebahagian.”

 “Lapar karena cinta lebih sukar diobati daripada lapar karena roti”

 “Jangan merasa bangga sudah memberikan uang pada orang miskin. sebenarnya yg mereka butuhkan bukan uang melainkan cinta dari hatimu. maka bagikanlah hartamu yg paling berharga yaitu cinta bagi siapa saja”


“Rasa lapar akan cinta jauh lebih sulit dihilangkan dibandingkan rasa lapar untuk roti.”

“Mukjizat bukanlah bahwa kita melakukan pekerjaan ini, tetapi kami senang untuk melakukannya.”

“Selalu ada bahaya bahwa kita mungkin hanya melakukan pekerjaan demi pekerjaan. Ini adalah di mana rasa hormat dan cinta dan pengabdian datang dalam – bahwa kita melakukannya kepada Tuhan, kepada Kristus, dan itulah mengapa kita mencoba untuk melakukannya sebagai indah mungkin.”


“Harus ada alasan mengapa beberapa orang bisa hidup dengan baik. Mereka harus telah bekerja untuk itu. Saya hanya merasa marah ketika saya melihat limbah. Ketika saya melihat orang-orang membuang hal-hal yang bisa kami gunakan.”

“Keajaiban terjadi bukan karena kamu melakukan berbagai ragam perbuatan baik. oh tidak! keajaiban justru terjadi karena kamu rela dan senang melakukan perbuatan-perbuatan baik tsb”

“Mereka yang tidak diinginkan dan tidak dicintai …mereka yang berjalan di dalam dunia tanpa ada satu pun yang memperhatikan. Pernahkah kita pergi untuk menemui mereka? Pernahkah kita mengenal mereka? Pernahkah kita mencoba untuk menemukan mereka?”

“Mengasihi harus menjadi perbuatan yang sedemikian biasa bagi kita sebagaimana hidup dan bernafas, hari demi hari sampai ajal menjelang”

“Apa yang engkau bangun selama bertahun-tahun dapat dihancurkan oleh orang lain dalam satu malam saja. Tetapi janganlah berhenti dan tetaplah membangun.”

“Kita tidak dapat menempatkan diri kita langsung di hadirat Allah tanpa membuat jiwa dan raga kita sepenuhnya berdiam diri” 

“Jadilah setia dalam hal-hal kecil karena di dalam mereka bahwa kekuatan Anda terletak.” 

 Mulailah dari dalam  rumahmu sendiri untuk mengentaskan kemiskinan ini”

“Setialah pada hal-hal yg kecil, karena kelak disanalah kekuatanmu berasal”

 “Cinta sejati tidak pernah menuntut. ia hanya memberi”

 “Rasa kesepian dan tidak diinginkan adalah kemiskinan yg paling buruk dan mengerikan”


 “Paradoks cinta adalah: ketika kamu mencintai sampai cinta itu terasa sakit, pada titik itulah tidak ada lagi rasa sakit. yg ada hanyalah cinta” 

 “Bagikan cinta dimanapun kamu berada. Jangan biarkan seseorang yg datang padamu pergi tanpa merasa bahagia”

“Jika anda menghakimi orang, anda tidak punya waktu mencintai mereka.”

“Tidak semua dari kita dapat melakukan hal-hal besar. Tetapi, kita dapat melakukan hal-hal kecil dengan cinta yang besar.”

“Saya tahu Tuhan tidak ingin memberiku sesuatu yang tak dapat kutangani. Saya hanya inginkan Ia tidak terlalu menaruh kepercayaan kepadaku.”

“Setiap kali anda tersenyum kepada seseorang, itu adalah satu tindakan cinta, sebuah hadiah, sesuatu yang indah.”

“Kata-kata yang ramah dapatlah singkat dan mudah diungkapkan, tetapi gemanya benar-benar tak berkesudahan.”

dikutip dari berbagai sumber

About Informasi Untuk Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Download Youtube Now


Recent Comments